Kamis, 29 Oktober 2015

Teknik adalah ilmu yang mempelajari tentang teknologi untuk mempermudah pekerjaan manusia. Teknik mempelajari pengetahuan, matematika, dan penelitian untuk membuat suatu alat yang berguna. Cabang dari teknik itu sangat banyak sekali, contohnya teknik industri, teknik informatika, teknik elektro, teknik komputer jaringan, teknik mesin, teknik otomotif, teknik sipil, teknik arsitektur, dan lain-lain. Teknik itu sangat berguna bagi kehidupan manusia, contohnya saja kita berangkat ke sekolah atau berangkat ke kantor kita menggunakan kendaraan untuk mempermudah atau mempercepat kita diperjalanan. Kendaraan itu hasil dari para ilmuwan teknik untuk mempermudah manusia ketika dalam perjalanan. Contoh lain dalam alat komunikasi, kita bisa mengobrol atau bercakap-cakap dengan oranglain tanpa harus bertemu dengan orang tersebut secara langsung, meskipun jaraknya sangat jauh sekalipun. Seiring dengan perkembangan zaman maka teknologi pun semakin maju. Didalam ilmu teknik sangat penting sekali untuk mempelajari matematika dan fisika, karena didalam ilmu teknik penuh dengan perhitungan. Disini saya akan menjelaskan tentang teknik industri.
Teknik industri adalah suatu teknik yang mempelajari desain/pembuatan, perbaikan, maupun pemeliharaan yang mencakup sumber daya, energi, peralatan, dan manusia. Teknik industri merupakan cabang ilmu teknik yang baru-baru dibandingkan dengan teknik elektro, teknik informatika, teknik mesin, dan sebagainya. Teknik industri lahir karena persoalan proses produksi, manusia ingin mewujudkan semua keinginannya dengan kebutuhan yang ada. Teknik industri itu cakupannya sangat luas sekali didalamnya belajar teknik mesin, teknik elektro, teknik komputer, bahkan belajar juga ilmu manajemennya. Sekarang teknik industri sudah menjadi populer atau banyak dibutuhkan bukan hanya saja di negara maju, tetapi di negara berkembang juga seperti Indonesia.
Setiap perusahaan pasti menginginkan biaya yang sekecil-kecilnya tetapi dengan produksi dan kualitas yang baik, maka setiap mesin dan alat proses produksi lainnya harus berjalan dengan baik, tetapi dengan seiring berjalannya waktu, mesin dan alat proses produksi lainnya akan mengalami kerusakan atau tidak akan berjalan dengan semestinya lagi. Untuk mengendalikan ini maka diperlukan orang-orang yang mampu menangani masalah ini. Karena mesin dan alat proses produksi lainnya semakin bertambah umur maka tingkat ketelitiannya juga akan semakin berkurang dan menyebabkan mesin rusak atau tidak dapat berfungsi lagi dengan baik. Maka sebagai orang yang mempelajari teknik industri harus bisa menanganinya dengan cara-cara tertentu agar perusahaan tidak mengeluarkan biaya yang begitu besar.
Ada tiga kriteria yang dilakukan agar aplikasi teknik industri dapat berhasil yaitu kualitas, waktu, dan biaya. Tujuan teknik industri adalah menjamin bahwa produk yang dihasilkan dijamin kualitasnya, tepat waktu dalam pengerjaannya, dan dengan biaya yang sesuai dengan proses produksinya. Karena mahal atau tidaknya suatu barang ditentukan dengan kualitas barang tersebut, semakin bagus kualitas barang tersebut, maka akan semakin mahal juga harga jual barangnya.

Seorang lulusan teknik industri bila memasuki dunia kerja tidak spesifik seperti jurusan dokter, keperawatan, akuntansi, jurnalistik, dan lain-lain yang langsung diarahkan dengan pendidikannya. Sebagai contoh, seorang lulusan teknik industri di dunia kerja dalam memproduksi makanan ringan. Yang dilakukan sarjana teknik industri bukanlah melakukan pengecekan terhadap makanan tersebut, tetapi yang dilakukan sarjana teknik industri disini  ialah merancang bagaimana sistem produksinya, apa saja yang digunakan dalam memproduksinya, di bagian mana saja harus melakukan pengecekan, agar kualitas makanan tersebut akan terjaga selama proses produksi.

1 komentar:

  1. Kalau teknik kendaraan ringan ambil kuliah jurusan teknik industri salah gak ?

    BalasHapus