Rabu, 28 Oktober 2015

MENGGERINDA PAHAT DAN ALAT POTONG



A.     Pahat Bubut
Pahat bubut atau alat potong bubut berbentuk batangan yang ujungnya dibentuk pisau dan dapat  digunakan untuk memotong benda kerja sesuai dengan tujuan kerja bubut.
Pahat bubut membutuhkan pengasahan, tanpa pengasahan maka hasil benda kerja tidak sesuai dengan desain yang diharapkan. Selain membuat bentuk dan ketajaman pahat yang baru, pengasahan juga dilakukan untuk merubah bentuk pahat untuk tujuan pembubutan yang lain.
Mesin gerinda yang digunakan adalah mesin gerinda biasa (pedestal), beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
-          Lepas pahat dari alat pemegang pahat (tool holder)
-          Pegang pahat dengan tangan seperti gambar di bawah ini
-          Jangan menekan terlalu keras pada roda gerinda, akan menyebabkan terlepasnya pahat dan mencelakakan diri anda atau merusakkan pahat itu sendiri.
-          Penekanan yang terlalu keras juga akan menyebabkan terbakarnya  ujung pahat dan jari tangan, selanjutnya akan menghilangkan sifat kekerasan (tempering) pahat. 
-          Jaga suhu pengasahan dengan sewaktu-waktu merendam pahat ke dalam air pendingin selama kerja pengasahan.
Urutan pengasahan pahat bubut yang baru dilakukan sesuai gambar dibawah ini, sedangkan untuk pahat sudah digunakan cukup mengulangi sudut-sudut yang telah terbentuk dengan sedikit penekanan yang merata.

B.     Pahat Frais
Pahat atau pisau frais perlu diasah agar dapat digunakan dengan baik. Pisau frais baru sudah siap digunakan, pengasahan dilakukan setelah pisau tersebut berkali-kali digunakan. Pangasahan pisau frais dilakukan pada mesin gerinda universal, roda gerinda yang digunakan biasanya ada tiga bentuk, 1) roda gerinda rata, 2) roda  gerinda berbentuk piring, dan 3) roda gerinda berbentuk mangkuk.
Pengasahan pisau frais dibagi menjadi dua grup yaitu,
-          Pisau frais yang diasah pada bidang depan atau sudut bebasnya dan lengkungannya dari ujung pisau adalah plain mills, helical mills, reamers . Sedangkan yang diasah bagian sampingnya adalah face mills, shell mills,  dan end mills
-          Pisau frais yang diasah hanya pada permukaan bagian sisi buang atau cuting face agar bentuknya tidak berubah adalah pisau untuk membentuk sesuatu, misalnya pisau roda gigi, pisau hobbing, pisau ukir, dan pisau bentuk yang lain. Alat bantu yang sangat diperlukan dalam gerinda alat adalah penahan gigi pisau frais (lihat gambar)

Langkah Pengasahan:
Ada dua cara menggerinda pisau frais, kedua cara tersebut tergantung pada arah putar roda gerinda yang berhubungan dengan arah ujung pisau frais.
-          Pilih roda gerinda yang akan digunakan.
-          Tempatkan pisau frais pada tempatnya.
-          Lakukan langkah penyetelan roda gerinda untuk pemotongan.
-          Langkah penyetelan penahan gigi pisau frais.
-          Pastikan posisi siap untuk menggerinda.
-          Pengasahan dapat dimulai
Pemeriksaan hasil gerindaan perlu dilakukan agar mendapatkan ujung pisau yang tajam dan benar. Di bawah ini merupakan gambar bagian pisau yang harus diasah pada bagian ujung atau depannya. Sudut bebas harus benar sesuai dengan bahan benda kerja yang akan dipotong. Di bawah merupakan tabel sudut bebas utama yang disesuaikan dengan material atau bahan benda kerja yang akan digerinda.


0 komentar:

Posting Komentar