Senin, 02 November 2015

arti Ahlusunnah Wal Jama’ah
            Arti ahlusunnah ialah penganut sunnah nabi.
            Arti wal jama’ah ialah penganut ‘itiqad sebagai i’itiqad jama’ah sahabat-sahabat nabi.
            Kaum ahlusunnah wal jama’ah ialah kaum yang menganut i‘itiqad sebagai i’itiqad yang dianut oleh Nabi Muhammad SAW. Dan sahabat-sahabat beliau.
            I’itiqad nabi dan sahabat-sahabat itu telah termsktub dalam Al-Qur’an dan dalam sunnah rasul secara terpencar-pencar, belum tersusun  secara rapih dan teratur, tetapi kemudian dikumpiulkan dan dirumuskan dengan rapi oleh seorang ulama Ushuluddin yang besar, yaitu Syeikh Abu Hasan ‘Ali al Asy’ari (lahir di Basrah tahun 260 H – wafat di Basrah juga tahun  324 H dalam usia 64 tahun).
            Karena itu ada orang yang memberi nama kepada kaum ahlusunnah wal jama’ah dengan kaum ‘Asya’irah, jama’ dari asy’ari, dikaitkan kepada Imam Abu Hasan ‘Ali At Asy’ari tersebut.
            Dalam kitab-kitab, ushuluddin biasa juga dijumpai perkataan “sunny”, kependekan ahlusunnah wal juama’ah, orang-orangnya dinamai “sunniyun”.
            Siapa Abu Mansur al Maturidi ini ?
            Abu Mansur al Maturidiadalah seorang ulama ushuluddin juga, yangahadan i;itiqadnyasama atau hampir dengan Abu Hasan Al Asy’ari. Beliau wafat di sebuah desa yang bernama Maturidi Samarqand, di AsiaTengah pada taun 333 H, terkemudian 9 tahun dari Imam Abu Hasan al Asy’ari.
            Sudah menjadi adat kebiasaan dalam dunia islam, bahwa hukum-hukum gama yang digaliari Qur’an dan Hadist oleh seeorang imam, maka hukum itu dinamai “madzhab”. Hasil ijtihad Imam Hanafi dinamai Madzhab Hanafi, hasil ijtihad imam maliki, hasil ijtihad imam syafi’i dinamai madzhab syafi’i hasil ijtihad imam ahmad bin hanbal dinamai madzhab Hanbali, walaupun pada hakikatnya semua adalah agama Allah yang termaktub secara tersurat atau tersirat didalam Al-Qur’an dan hadist.

            Begitu juga dalam soal-soal i’itiqad hasil galian dari Qur’an dan hadits oleh Imam Abu Hasan al Asy’ari dinamai “madzhab Asy’ari” atau “faham Asy’ari”, walaupun pada hakikatnya Imam Abu Hasan al Asy’ari hanya menggali, merumuskan, menfatwakan, menyiarkan, mempertahankan apa yang sudah ada dalam Qur’an dan Hadits juga, ada yang sudah dii’itiqadkan oleh Nabi Muhammad SAW dan sahabat-sahabat beliau.

0 komentar:

Posting Komentar